Jepang catat peningkatan kasus infeksi tertinggi sejak Januari

Jepang mencatat 19 kematian akibat coronavirus jenis baru, termasuk tujuh dari kapal pesiar Diamond Princess.

Seorang wanita menggunakan masker di depan gedung Pemerintah Kota Tokyo, Jepang, Jumat (6/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Penyiar publik NHK melaporkan bahwa pada Selasa (10/3), Jepang mencatat 59 kasus infeksi baru coronavirus. Jumlah itu merupakan kenaikan terbesar dalam satu hari sejak Januari.

Total kasus infeksi di Jepang telah meningkat menjadi 1.278 kasus, termasuk 696 kasus dari kapal pesiar Diamond Princess yang sempat dikarantina di pelabuhan di Yokohama. Pasien terbaru adalah pria yang berada di Hyogo.

Jepang mencatat 19 kematian, termasuk tujuh dari Diamond Princess.

Pemerintah Jepang pada Selasa menyetujui draf RUU keadaan darurat nasional yang akan memungkinkan pihak berwenang melarang orang keluar dari rumah, mendirikan rumah sakit-rumah sakit darurat, dan menutup sekolah di seluruh negeri.

Jika disetujui parlemen, RUU tersebut akan memberikan Perdana Menteri Shinzo Abe wewenang untuk menyerukan keadaan darurat nasional dan memberlakukan tindakan drastis. RUU yang didukung oposisi itu diperkirakan akan melalui pemungutan suara parlemen pada akhir pekan.