Jepang pemilik paspor terkuat di dunia, Indonesia?

Dengan akses bebas visa ke 190 negara, Jepang dinobatkan sebagai pemilik paspor terkuat di dunia.

Ilustrasi / Pixabay

Jepang menduduki posisi sebagai pemilik paspor terkuat di dunia. Survei tersebut dirilis oleh Henley Passport Index, yang secara berkala mengukur akses yang diberikan dokumen perjalanan masing-masing negara.

Ini adalah kali kedua secara berturut-turut Jepang berada di urutan teratas dalam indeks, yang direvisi setiap tiga bulan.

Jepang mempertahankan posisi teratas sebagai paspor paling ramah perjalanan di dunia berkat bebas visa ke 190 negara. Itu artinya, pemilik paspor Jepang dapat dengan mudah bepergian nyaris ke seluruh dunia. 

Korea Selatan naik peringkat dari indeks pada Oktober untuk bergabung dengan Singapura pada peringkat dua, menawarkan akses ke 189 negara. Itu berkat perjanjian visa-on-arrival mereka dengan India.

"Fakta bahwa negara-negara yang menduduki posisi puncak berasal dari Asia menunjukkan bahwa banyak negara Asia mempertahankan tingkat kenyamanan yang tinggi dengan migrasi ekonomi yang saling menguntungkan," ungkap pendiri dan mitra pengelola FutureMap di Singapura Parag Khanna kepada Henley & Partners.