logo alinea.id logo alinea.id

Jepang pemilik paspor terkuat di dunia, Indonesia?

Dengan akses bebas visa ke 190 negara, Jepang dinobatkan sebagai pemilik paspor terkuat di dunia.

Khairisa Ferida
| Khairisa Ferida Kamis, 10 Jan 2019 12:21 WIB
Jepang pemilik paspor terkuat di dunia, Indonesia?

Jepang menduduki posisi sebagai pemilik paspor terkuat di dunia. Survei tersebut dirilis oleh Henley Passport Index, yang secara berkala mengukur akses yang diberikan dokumen perjalanan masing-masing negara.

Ini adalah kali kedua secara berturut-turut Jepang berada di urutan teratas dalam indeks, yang direvisi setiap tiga bulan.

Jepang mempertahankan posisi teratas sebagai paspor paling ramah perjalanan di dunia berkat bebas visa ke 190 negara. Itu artinya, pemilik paspor Jepang dapat dengan mudah bepergian nyaris ke seluruh dunia. 

Korea Selatan naik peringkat dari indeks pada Oktober untuk bergabung dengan Singapura pada peringkat dua, menawarkan akses ke 189 negara. Itu berkat perjanjian visa-on-arrival mereka dengan India.

"Fakta bahwa negara-negara yang menduduki posisi puncak berasal dari Asia menunjukkan bahwa banyak negara Asia mempertahankan tingkat kenyamanan yang tinggi dengan migrasi ekonomi yang saling menguntungkan," ungkap pendiri dan mitra pengelola FutureMap di Singapura Parag Khanna kepada Henley & Partners.

Sementara itu, China meloncat hampir 20 tempat hanya dalam dua tahun, dari peringkat 85 pada 2017 menjadi 69 pada tahun ini.

Adapun peringkat tiga ditempati oleh Prancis dan Jerman dengan akses ke 188 negara. Denmark, Finlandia, Italia, dan Swedia menduduki posisi keempat dengan akses ke 187 negara.

Dengan akses ke 186 negara, Luxembourg dan Spanyol mengisi peringkat kelima. 

Sponsored

Ketua Henley & Partner's Group Christian Kalin, yang menyusun Passport Index, mengatakan bahwa peringkat yang mereka rilis adalah titik terang di dunia yang semakin terisolasi.

"Penyebaran umum kebijakan pintu terbuka memiliki potensi untuk berkontribusi miliaran ke ekonomi global, serta menciptakan peluang kerja yang signifikan di seluruh dunia," papar Kalin.

"Korea Selatan dan kenaikan peringkat Arab Saudi baru-baru ini adalah contoh lebih lanjut dari apa yang terjadi ketika negara-negara mengambil pendekatan proaktif urusan luar negeri, sebuah sikap yang secara signifikan bermanfaat bagi warga negara mereka serta masyarakat internasional," imbuhnya. 

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut Passport Index Henley & Partners, Indonesia menduduki peringkat ke 72 dengan akses ke 71 negara.

Paspor terlemah 

Ketika Jepang berada di posisi puncak sebagai pemilik paspor terkuat di dunia, Afghanistan dan Irak menempati peringkat buncit. Keduanya hanya memiliki akses ke 30 negara.  

Indeks Paspor Henley didasarkan pada data yang disediakan oleh Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) dan mencakup 199 paspor dan 227 tujuan perjalanan. Ini diperbarui secara real time sepanjang tahun, ketika perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Sumber : CNN