Jepang tekan India ambil posisi yang jelas soal Rusia

Jepang telah vokal dalam kecamannya atas tindakan Rusia di Ukraina dan bergabung dengan AS dan sekutu Barat menjatuhkan sanksi.

Perang Rusia-Ukraina. Foto Daily Sabah

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mendorong rekannya dari India Narendra Modi untuk mengambil sikap yang jelas tentang perang Rusia di Ukraina. Sementara, Jepang berencana menginvestasikan US$42 miliar di India selama lima tahun ke depan.

“Invasi Rusia ke Ukraina adalah insiden yang sangat serius yang telah mengguncang akar aturan internasional dan ketertiban dunia,” kata Kishida pada konferensi pers bersama di New Delhi Sabtu (19/3), di mana ia tiba pada hari sebelumnya pada kunjungan pertamanya sejak menjadi perdana menteri Jepang. akhir Oktober.

“Kita harus berkomitmen untuk menghentikan segala jenis perubahan sepihak yang dibuat dengan menggunakan kekuatan,” katanya, menekankan perlunya “solusi damai berdasarkan hukum internasional.”

Jepang telah vokal dalam kecamannya atas tindakan Rusia di Ukraina dan bergabung dengan AS dan sekutu Barat lainnya dalam menjatuhkan serangkaian sanksi terhadap Moskow.

India adalah sekutu historis Rusia tetapi telah tumbuh lebih dekat ke Washington dalam beberapa tahun terakhir.