Jokowi sabet gelar Asian of the Year 2019

Penobatan Presiden Jokowi sebagai "Asian of the Year 2019" dilakukan oleh media Singapura, The Straits Times.

Presiden RI Joko Widodo dinobatkan sebagai "Asian of the Year 2019" oleh surat kabar Singapura, The Straits Times, Kamis (5/12). Facebook/@Jokowi

Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai "Asian of the Year 2019" oleh media Singapura, The Straits Times. Pada Kamis (5/12), surat kabar itu menyebut, dengan suara bulat, para editor memilih Jokowi.

Menurut The Times, presiden ketujuh Indonesia itu dinobatkan sebagai "Asian of the Year 2019" karena menjadi sosok pemersatu di tengah situasi penuh kekacauan dan gangguan.

"Jokowi (58) dipilih oleh para editor karena ketangkasan dan keteladanannya dalam menavigasi arus politik dalam negeri dan urusan internasional yang rumit," bunyi artikel The Times.

Surat kabar tersebut menyebut mereka memperhatikan rekam jejak Jokowi yang dimulai dari Wali Kota Solo, Gubernur Jakarta, hingga pada akhirnya memimpin negara berpenduduk hampir 270 juta orang.

Ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2005, para editor mengatakan kepribadiannya yang membumi dan kemampuannya untuk menjalin hubungan dengan masyarakat membuatnya dikagumi.