Disambangi Anwar Ibrahim, Jokowi yakin hubungan bilateral Indonesia-Malaysia semakin kuat

Indonesia menjadi negara pertama yang disambangi Anwar Ibrahim sejak dilantik menjadi PM Malaysia, November 2022.

Presiden Jokowi (kanan) dan PM Malaysia, Anwar Ibrahim (kiri), memberikan keterangan pers bersama usai pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, pada Senin (9/1/2023). YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini kepemimpinan Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia dapat mempererat hubungan kedua negara. Hal itu disampaikan Jokowi dalam keterangan pers bersama usai bertemu PM Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Senin (9/1).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Anwar Ibrahim sebagai PM ke-10 Malaysia. Anwar Ibrahim menjabat PM Malaysia sejak November 2022.

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Anwar, kerja sama Indonesia dan Malaysia akan semakin kuat," kata Jokowi dalam keterangannya.

Jokowi menyampaikan, kunjungan kenegaraan PM Anwar Ibrahim ke Indonesia merupakan sebuah kehormatan. Sebab, Indonesia merupakan negara pertama yang jadi tujuan lawatan Anwar Ibrahim usai dilantik.

Jokowi juga mengatakan, Indonesia dan Malaysia bukan hanya dua negara yang saling berdekatan, tetapi memiliki hubungan kokoh sebagai bangsa serumpun.