Pascaalami anemia otak, kaisar Jepang kembali bertugas

Kaisar Akihito membatalkan tugas-tugas resminya pada hari Senin (2/7), setelah menderita pusing dan mual akibat anemia otak.

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko / Wikimedia / Public Domain

Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang mengumumkan, Kaisar Akihito (84), yang dalam beberapa hari terakhir beristirahat setelah menderita mual dan sejumlah gejala lainnya, telah kembali menjalankan tugas-tugas resminya pada hari Kamis (5/7). Ia menghadiri upacara penyambutan duta besar baru.

Kaisar Akihito membatalkan tugas-tugas resminya pada hari Senin (2/7), setelah menderita pusing dan mual akibat anemia otak. Demikian seperti dikutip dari The Japan Times, Kamis (5/7).

Akihito tidak dilarikan ke rumah sakit, melainkan ia beristirahat di Istana Kekaisaran di Tokyo.

Sebelumnya, pada hari Rabu, Akihito telah melanjutkan sejumlah pekerjaan. Menurut seorang juru bicara Badan Rumah Tangga Kekaisaran, kaisar Jepang itu menandatangani dokumen-dokumen pemerintah.

Tidak jelas apakah Kaisar Akihito telah benar-benar pulih. Pengumuman yang disampaikan Badan Rumah Tangga Kekaisaran hanya menyebutkan bahwa sang kaisar tengah dalam proses pemulihan dari pusing dan sakit perut ringan.