Akibat kasus Covid-19 melonjak, Saudi larang warga ke Indonesia

Langkah itu diambil untuk memastikan keselamatan warga Arab Saudi karena lonjakan kasus Covid-19 yang diperparah oleh varian Delta.

Foto ilustrasi / Pixabay

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan bahwa warganya dilarang bepergian ke Indonesia. Larangan itu muncul dipicu kekhawatiran terkait lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. 

Sebuah sumber resmi di kementerian, Rabu (22/7), mengatakan bahwa langkah itu diambil untuk memastikan keselamatan warga karena lonjakan kasus Covid-19 yang diperparah oleh varian Delta. Sumber itu menambahkan, pembatasan akan berlanjut sampai situasi dinilai stabil.

Warga Arab Saudi yang saat ini berada di Indonesia telah diberitahu untuk berhati-hati, menjauh dari daerah dengan tingkat infeksi tinggi, mematuhi semua tindakan pencegahan, serta kembali ke Arab Saudi secepat mungkin.

Saat ini, jemaah haji yang berpartisipasi dalam ibadah haji tahun ini sedang menyelesaikan langkah terakhir mereka di bawah langkah-langkah kesehatan yang ketat tanpa infeksi Covid-19 yang dilaporkan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi terus memberikan vaksin Covid-19 di sejumlah pusat vaksinasi, sebagai bagian dari kampanye vaksinasi nasional.