Ke India, Menlu RI bahas kerja sama pertahanan hingga ekonomi

Kunjungan Menlu Retno ke India akan berlangsung pada 13-14 Desember.

Jubir Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Jose Tavares dalam pengarahan media di Kemlu RI, Jakarta, pada Kamis (12/12). Alinea.id/Valerie Dante

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan berkunjung ke New Delhi pada 13-14 Desember untuk menghadiri 11th Delhi Dialog. Di sela-sela acara tersebut, menlu akan melakukan Joint Commision Meeting (JCM) dengan India.

Juru bicara Kementerian Luar RI Teuku Faizasyah menyatakan, kedua negara akan membahas sejumlah isu mulai dari pertahanan dan keamanan, kerja sama ekonomi, hubungan antarmasyarakat, dan menindaklanjuti hal-hal yang sempat dibahas pada KTT ASEAN di Bangkok.

"Kerja sama di bidang ekonomi menjadi prioritas. Ada berbagai upaya yang ingin dilakukan untuk mendorong peningkatan kerja sama ekonomi, dalam konteks yang paling sederhana adalah dengan membangun konektivitas antara Aceh dan Kepulauan Andaman dan Nikobar," jelas Faizasyah dalam pengarahan media di Kemlu RI, Jakarta, pada Kamis (12/12).

Pembangunan konektivitas, lanjutnya, menjadi salah satu bidang yang didorong Kemlu RI. Indonesia ingin faktor kedekatan jarak dan sejarah konektivitas dengan India dibangun kembali.

Selain itu, hubungan antarmasyarakat juga akan menjadi pembahasan Menlu Retno dalam JCM dengan India. Salah satu bentuk konkret dari kerja sama ini merupakan pertukaran pelajar antara kedua negara