Ethiopia: Kecelakaan Ethiopian Airlines mirip Lion Air JT 610

Pesawat Ethiopian Airlines 302 dan Lion Air JT 610 yang mengalami kecelakaan berjenis sama, yakni Boeing 737 MAX 8.

Petugas polisi berjalan diantara puing pesawat Ethiopian Airlines Penerbangan ET 302 yang jatuh, dekat kota Bishoftu, Addis Ababa, Ethiopia, Selasa (12/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Baz Ratner

Data penerbangan dari Ethiopian Airlines yang jatuh pada 10 Maret 2019 menunjukkan kesamaan yang jelas dengan kecelakaan Lion Air JT 610 di Indonesia pada 29 Oktober 2018. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Transportasi Ethiopia Dagmawit Moges.

Pesawat yang digunakan oleh kedua maskapai itu sama, yakni Boeing 737 MAX 8.

Ethiopian Airlines 302 yang berangkat dari Bandara Internasional Bole Addis Ababa, Ethiopia, ke Bandara Internasional Jomo Kenyatta Nairobi, Kenya, jatuh setelah enam menit lepas landas. Kecelakaan itu menewaskan 157 orang.

Moges menuturkan kepada wartawan bahwa laporan awal akan dirilis dalam waktu 30 hari.
  
"Kemiripan yang jelas tercatat antara Ethiopian Airlines 302 dan Indonesian Lion Air JT 610, di mana itu akan menjadi subjek studi lebih lanjut selama penyelidikan," ungkap Moges pada Minggu (17/3).

Dalam kedua kasus kecelakaan tersebut, data pelacak penerbangan menunjukkan ketinggian pesawat berfluktuasi tajam karena pesawat tampaknya mengalami pendakian dan penurunan yang tidak menentu.