Ketika daging halal jadi isu krusial di Pilpres Prancis

Itu karena kandidat sayap kanan Pilpres Prancis, ingin melarang penyembelihan ritual, jika terpilih Minggu depan.

Ilustrasi. Foto Istock

Saat memasak makan siang Sarah Gutmann memiliki firasat buruk, pasalnya calon presiden Prancis Marine Le Pen menyerang privasi rumahnya dan mencampuri agama Yahudinya. Terutama pada sepiring ayam dan sosis halal yang dia goreng untuknya, suami, dan putra sulungnya.

Itu karena kandidat sayap kanan itu, ingin melarang penyembelihan ritual jika dia terpilih Minggu depan. Dan itu bisa berdampak langsung pada bagaimana Gutmann memberi makan keluarganya dan menjalankan kebebasan beragamanya.

Bahkan, dia dan suaminya yang bernaman Benjamin, berpikir untuk meninggalkan Prancis jika pemerintah sayap kanan mengganggu diet halal Yahudi yang taat. Dia khawatir Le Pen yang akan melarang daging disembelih secara ritual, bisa menjadi langkah awal bagi orang-orang Yahudi dan muslim Prancis merasa tidak diinginkan.

"Menyerang cara kami makan, melanggar privasi kami dan itu sangat serius," kata Gutmann sambil menyibukkan diri di dapur rumah mereka di Paris.

“Tujuannya adalah untuk menargetkan populasi minoritas yang mengganggunya dan mengirim pesan kepada pemilih yang menentang minoritas ini: 'Pilih saya, karena saya akan menyerang mereka dan mungkin, seiring waktu, membuat mereka pergi,'” kata dia lagi.