Kit tes Covid-19 buatan Korsel mulai banjiri pasar luar negeri

Menurut Kemlu Korea Selatan, sejauh ini 47 negara telah menyatakan keinginan untuk mengimpor kit tes coronavirus jenis baru mereka.

Prajurit Korea Selatan yang memakai baju pelindung beristirahat setelah membersihkan jalan di depan balai kota di Daegu, Senin (2/3), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Pengamat industri medis pada Kamis (26/3) mengatakan bahwa kit tes Covid-19 buatan Korea Selatan mulai membanjiri pasar luar negeri. Fenomena ini terjadi seiring meningkatnya permintaan alat diagnosis untuk mendeteksi coronavirus jenis baru di sejumlah negara terdampak.

Menurut Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, sejauh ini 47 negara telah menyatakan keinginan untuk mengimpor kit tes coronavirus jenis baru buatan mereka. Ada pun 39 negara lainnya meminta alat-alat tersebut diberikan sebagai bantuan kemanusiaan.

Jumlah permintaan terkait kit tes Covid-19 dari negara-negara asing diperkirakan akan semakin meningkat. Seorang pakar industri medis menyebut, kemampuan diagnostik Korea Selatan telah diakui secara global dan dinilai menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perlambatan penyebaran virus di dalam negeri.

Sejauh ini, kit tes milik lima perusahaan biotek lokal telah mendapatkan persetujuan dari otoritas kesehatan Korea Selatan. Lima perusahaan tersebut adalah Seegene, Kogene Biotech, Solgent, SD Biosensor, dan BioSewoom.

Kit tes Covid-19 yang dikembangkan lima perusahaan tersebut menggunakan metode real-time polymerase chain reaction (RT-PCR). Hasilnya dapat keluar dalam waktu enam jam.