Untuk pertama kalinya, KJRI Frankfurt gelar Festival Soto dan Sate Nusantara

Festival yang pertama kali diadakan di Jerman merupakan wujud nyata dari program “Indonesia Spice Up the World”.

KJRI Frankfurt menyuguhkan soto dan sate khas nusantara beberapa waktu lalu. Foto Kemlu

KJRI Frankfurt menyuguhkan soto dan sate khas nusantara beberapa waktu lalu. Kuliner ini disajikan dalam Festival Soto dan Sate Nusantara di Steyler Missionare, Sankt Augustin. 

Konsul Jenderal RI Frankfurt Acep Somantri mengatakan, festival yang pertama kali diadakan di Jerman merupakan wujud nyata dari program “Indonesia Spice Up the World”. Tidak lain, untuk mempromosikan rempah Indonesia ke dunia.

“Melalui sajian kuliner Nusantara yang menggugah selera, diharapkan masakan Indonesia yang kaya rempah semakin mendapatkan tempat di hati komunitas mancanegara,” katanya dalam keterangan, Selasa (27/6). 

Kehadiran dua menu tersebut menjadi pelepas kerinduan bagi pecinta kuliner khas Indonesia pasca pandemi Covid-19. Festival ini merupakan ajang bagi masyarakat Jerman untuk mengeksplorasi kekayaan kuliner Nusantara karena satu menu masakan Nusantara memiliki puluhan aneka bumbu yang berbeda.

Bahkan, pemilihan menu sate juga cocok dengan praktik dan kebiasaan masyarakat Jerman untuk mengadakan barbeque saat musim panas. Tren menu makanan vegan dan mayoritas masyarakat Jerman yang menyukai sambal kacang merupakan salah satu faktor yang mendukung digemarinya hidangan Nusantara.