Konflik selalu bakar Afrika, Presiden Angola: Ada tangan tak kasat mata!

Dalam beberapa tahun terakhir, Afrika telah menghadapi berbagai konflik suku, agama dan militer, serta kudeta yang memperlambat kemajuan.

Ilustrasi. Foto: Ist

Afrika selalu mendidih. Konflik meletup di mana-mana seolah tak pernah usai. Keadaan ini, kata Presiden Angola Joao Lourenco, terjadi karena ada tangan tak kasat mata yang berkepentingan mengacaukan benua Afrika. 

Hal ini dinyatakan Presiden Angola João Lourenço di markas besar PBB, di Amerika Serikat, Rabu (20//9). Ia menyampaikan pernyataan tersebut pada hari kedua Debat Umum PBB yang berlangsung hingga 26 September.

Joao mengatakan ada semakin banyak tanda bahwa kelompok-kelompok pengacau itu hanya ingin memperluas lingkup pengaruh mereka.

Menurut João Lourenço, kepentingan kelompok-kelompok ini tidak memberikan "jaminan yang diperlukan bagi pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara Afrika."

Dalam pidatonya yang berlangsung hampir 25 menit, Presiden Angola menganggap penting untuk menegaskan kembali perlunya pendanaan yang memadai, berkelanjutan, dan dapat diprediksi untuk memerangi terorisme di benua Afrika.