Korban meninggal akibat coronavirus jadi 1.018 orang

Sejauh ini tercatat dua kematian di luar China daratan, yaitu di Hong Kong dan Filipina.

Anggota tim medis yang ditugaskan untuk memindahkan pasien diduga atau positif coronavirus tipe baru ke lokasi perawatan yang ditentukan memakai baju pelindung di Kunming, Provinsi Yunnan, China, Minggu (9/2). ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

China melaporkan 108 kematian akibat coronavirus tipe baru pada Selasa (11/2), mencatat lonjakan harian, menjadikan jumlah total korban meninggal di China daratan 1.016 orang. Secara global korban meninggal tercatat 1.018 orang, dengan dua kematian terjadi di luar China daratan, yaitu di Hong Kong dan Filipina.

Sementara itu, jumlah kasus baru menurun. Pada 10 Februari, tercatat ada 2.478 kasus baru yang terkonfirmasi di China daratan, turun dari 3.062 pada hari sebelumnya sehingga total orang terinfeksi coronavirus jenis baru di China daratan 42.638. Demikian menurut Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok.

Ini merupakan kali kedua dalam dua minggu terakhir bahwa pihak berwenang mencatat penurunan harian menyangkut kasus baru.

Ada pun Provinsi Hubei, pusat wabah, melaporkan 2.097 kasus baru dan 103 kematian pada Senin (10/2).

Lebih dari 20 negara, termasuk di antaranya Singapura, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang telah mendeteksi kasus coronavirus tipe baru di wilayah mereka. Singapura menjadi negara dengan jumlah terinfeksi tertinggi setelah China.