Korea Utara kembali tembakkan rudal balistik 

Serangkaian peluncuran yang terjadi baru-baru ini serta pembukaan pertunjukan militer tidak biasa di Pyongyang

Rudal hipersonik Hwasong-8 yang baru dikembangkan diuji coba oleh Akademi Ilmu Pertahanan DPRK di Toyang-ri, Kabupaten Ryongrim, Provinsi Jagang, Korea Utara, dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada 29 September 2021 oleh Pusat Korea Utara. Kantor Berita (KCNA). KCNA melalui REUTERS

Korea Utara (Korut) kembali menembakkan setidaknya satu rudal balistik di lepas pantai timurnya, pada Selasa (19/10). 

Ini menjadi uji senjata terbaru oleh negara itu. Korut telah maju terus dengan pengembangan militer dalam menghadapi sanksi internasional yang dikenakan atas program senjata nuklir dan misilnya.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel), salah satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10.17 waktu setempat di sekitar Sinpo, di mana Korut menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji coba peluncuran rudal balistik kapal selam (SLBM).

Surat kabar Korsel Joongang Ilbo, mengutip sumber militer mengatakan, pemerintah berasumsi bahwa itu adalah tes SLBM tanpa menjelaskan lebih lanjut. 

Korut juga telah meluncurkan rudal jenis lain dari daerah itu. "Militer kami memantau situasi dengan cermat dan menjaga postur kesiapan dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat, untuk mempersiapkan kemungkinan peluncuran tambahan," kata JCS dalam sebuah pernyataan.