Korsel catat rekor lonjakan infeksi Covid-19 akibat varian Delta

Tonggak suram tersebut terjadi ketika pihak berwenang berjuang untuk mengatasi lonjakan wabah yang terkait dengan varian Delta.

Warga beraktivitas dengan memakai masker di Daegu, Korea Selatan, Senin (2/3), di tengah merebaknya Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Korea Selatan melaporkan rekor harian 1.784 kasus infeksi harian pada Selasa (20/7), memecahkan rekor kasus harian yang dicapai pekan lalu.

Tonggak suram tersebut diraih oleh Korea Selatan ketika pihak berwenang berjuang untuk mengatasi lonjakan wabah yang terkait dengan varian Delta.

Tingkat penularan berhasil dijaga relatif rendah di seluruh negeri meskipun tidak ada lockdown sebagian berkat sistem pengujian dan penelusuran yang agresif. Namun, gelombang infeksi keempat terbukti sangat sulit untuk ditahan akibat varian Delta yang jauh lebih mudah menular.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) pada Selasa mengatakan, analisis genetik dari 2.381 infeksi pada pekan lalu menemukan hampir 40% adalah varian Delta.

Kasus-kasus terbaru tidak termasuk setidaknya 266 infeksi di antara para pelaut yang diterbangkan ke Seoul pada Selasa setelah sebuah kapal perusak angkatan laut yang berpatroli di perairan lepas Afrika ditemukan terinfeksi Covid-19.