Korut: Akar krisis Ukraina adalah kesewenang-wenangan Amerika

Washington telah mengejar "supremasi militer dengan mengabaikan permintaan sah Rusia untuk keamanannya" menurut komentar tersebut.

Korut: Akar krisis Ukraina adalah kesewenang-wenangan Amerika. Foto NDTV

Korea Utara menuduh Amerika Serikat sebagai "akar penyebab krisis Ukraina". Ini adalah tanggapan resmi pertama Pyongyang terhadap invasi Moskow ke Ukraina.

Rusia memerintahkan pasukan ke negara tetangga Ukraina minggu ini, memicu kecaman global dan sanksi dari Barat, salah satu sasarannya ditujukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri.

Namun Korea Utara, dalam tanggapan yang dikeluarkan dalam bentuk komentar yang diposting di situs web Kementerian Luar Negeri, mengatakan Amerika Serikat harus disalahkan atas bencana yang sedang berlangsung.

Washington telah mengejar "supremasi militer dengan mengabaikan permintaan sah Rusia untuk keamanannya" menurut komentar tersebut, yang dikaitkan dengan Ri Ji Song, seorang peneliti di Masyarakat untuk Studi Politik Internasional Utara.

"Akar penyebab krisis Ukraina juga terletak pada sikap sewenang-wenang dan kesewenang-wenangan AS," kata posting yang diunggah di situs web kementerian luar negeri Korea Utara pada hari Sabtu.