Korea Utara menembakkan rudal ke laut di tengah latihan AS-Korsel

Korea Utara telah meluncurkan puluhan rudal balistik tahun ini, termasuk ICBM dan rudal jarak menengah yang diterbangkan di atas Jepang.

Foto ini disediakan oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan, pesawat pengebom B-1B Angkatan Udara AS, jet tempur siluman F-35B dan jet tempur F-15K Korea Selatan terbang di atas Semenanjung Korea selama latihan bersama pada 18 September 2017.Kementerian Pertahanan Korea Selatan via AP, File

Militer Korea Selatan mengatakan, Korea Utara telah menembakkan empat rudal balistik jarak pendek ke laut, sekaligus menambah rentetan demonstrasi senjata minggu ini yang telah meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pada Sabtu (5/11), bahwa rudal itu terbang sekitar 130 kilometer (80 mil) menuju laut barat Utara.

Korea Utara minggu ini meluncurkan lusinan rudal ke laut, termasuk rudal balistik antarbenua yang memicu peringatan evakuasi di Jepang bagian Utara, dan menerbangkan pesawat tempur di dalam wilayahnya. Korea Utara telah menggambarkan tindakan militernya sebagai tanggapan yang tepat terhadap latihan udara gabungan AS-Korea Selatan, yang disebutnya sebagai "histeria konfrontasi militer" AS.

Amerika Serikat menerbangkan dua pembom supersonik B-1B pada Sabtu di atas Korea Selatan pada hari-hari terakhir latihan bersama, dalam unjuk kekuatan yang dimaksudkan untuk mengintimidasi Korea Utara atas aktivitas pengujiannya yang semakin intensif.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan setidaknya satu pembom B-1B akan berpartisipasi pada hari terakhir latihan gabungan angkatan udara AS-Korea Selatan yang berakhir pada Sabtu. Namun, pejabat militer Korea Selatan dan AS tidak segera memberikan rincian lebih lanjut.