Kunjungi perbatasan, Trump ancam terapkan darurat nasional

Trump mengancam akan menerapkan status darurat nasional jika Demokrat tidak meloloskan RUU belanja yang memuat pendanaan dinding perbatasan.

Donald Trump saat mengunjungi perbatasan AS-Meksiko di McAllen, Texas, pada Kamis (10/1). REUTERS/Leah Millis

Donald Trump mengancam akan menggunakan status darurat nasional untuk lolos dari Kongres dan mendapatkan miliaran dollar bagi pembiayaan dinding perbatasan dengan Meksiko. Ancaman tersebut dikeluarkan sang presiden ketika penutupan sebagian pemerintahan Amerika Serikat memasuki hari ke-20 pada Kamis (10/1).

Trump terbang ke perbatasan Texas-Meksiko untuk memperkuat tuntutannya atas pendanaan dinding perbatasan. Dia bicara dengan diapit oleh anggota keluarga yang berlinang airmata akibat kerabat mereka dibunuh oleh imigran gelap serta agen perbatasan yang tidak menerima upah selama government shutdown.

"Jika kita tidak memiliki pembatas, semacam penghalang yang cukup besar, Anda tidak akan dapat menyelesaikan persoalan ini," ungkap Trump selama kunjungannya ke perbatasan.

Trump kukuh mendesak Demokrat mengesahkan RUU belanja pemerintah yang di dalamnya termasuk pendanaan dinding perbatasan senilai US$5,7 miliar.

Kebuntuan antara Trump dan Demokrat telah membuat seperempat dari pemerintah federal ditutup dan ratusan ribu karyawan tidak menerima upah.