'Man of the hole', anggota terakhir dari suku yang tidak tersentuh di Amazon meninggal

Mayat pria itu ditemukan pada 23 Agustus oleh Altair José Algayer, anggota lembaga perlindungan Pribumi Brasil National Indian Foundation.

Wajah 'Man of the Hole' dilirik dalam cuplikan film dokumenter 2009 Corumbiara karya Vincent Carelli.. (Kredit gambar: Vincent Carelli)

Anggota suku terakhir yang masih hidup dari suku Pribumi Brasil yang tidak terhubung dengan dunia luar telah meninggal, menurut para pejabat.

Pria itu tinggal sendirian di hutan hujan Amazon Brasil selama 26 tahun setelah sukunya terbunuh dalam serangkaian serangan oleh peternak dan penambang yang dimulai pada 1970-an, menurut Survival International, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja dengan masyarakat adat untuk melindungi hak tanah mereka. .

Seperti dikutip dari Livescience, Nama asli pria itu tidak diketahui, sehingga pengamat menjulukinya "Man of the Hole" karena kebiasaannya menggali lubang yang dalam untuk menjebak hewan atau bersembunyi.

Mayat pria itu ditemukan pada 23 Agustus oleh Altair José Algayer, anggota lembaga perlindungan Pribumi Brasil National Indian Foundation (Funai), yang menemukan pria itu tewas di tempat tidur gantung di luar tempat tinggal jeraminya di daerah Adat Tanaru di negara bagian Rondônia, berbatasan dengan Bolivia. Bulu macaw berwarna cerah mengelilingi tubuhnya, membuat Algayer menyimpulkan bahwa pria itu telah mengatur bulu-bulu itu untuk mengantisipasi kematiannya sendiri.

"Tidak ada orang luar yang tahu nama pria ini, atau bahkan sangat banyak tentang sukunya - dan dengan kematiannya genosida rakyatnya selesai," Fiona Watson, direktur penelitian dan advokasi di Survival International, yang mengunjungi wilayah suku pada tahun 2004, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Karena ini memang genosida - pemusnahan yang disengaja dari seluruh orang oleh para peternak yang haus akan tanah dan kekayaan."