Mantan Gubernur New York didakwa dengan kejahatan seks

Nama korban disunting dari salinan pengaduan yang dikeluarkan oleh juru bicara sistem pengadilan negara bagian New York.

Andrew Cuomo. foto Getty/CNBC

Mantan Gubernur New York Andrew Cuomo hari Kamis didakwa dengan pengaduan kejahatan seks ringan. Dia dituduh menyentuh seorang wanita secara paksa pada 7 Desember lalu di Executive Mansion gubernur di Albany.

Pengajuan pengaduan itu di Pengadilan Kota Albany datang dua bulan setelah Cuomo mengundurkan diri secara memalukan menyusul tuduhan pelecehan seksual terhadap oleh hampir selusin wanita. Pengaduan itu dirinci dalam laporan memberatkan yang dikeluarkan oleh Jaksa Agung negara bagian, Letitia James.

Pengadilan kota mengeluarkan panggilan untuk Cuomo untuk hadir di pengadilan itu pada sore hari 17 November, menurut siaran pers yang dikeluarkan Sheriff Albany County Craig Apple Sr, yang penyelidiknya menandatangani pengaduan pidana.

Gugatan tersebut mengatakan bahwa Cuomo, 63, dengan sengaja, “dan tanpa tujuan yang sah, secara paksa meletakkan tangannya di bawah kemeja blus korban .... dan ke bagian tubuh intimnya untuk tujuan merendahkan dan memuaskan hasrat seksualnya.”

Sentuhan paksa adalah pelanggaran Kelas A. Jika terbukti bersalah, Cuomo bisa dihukum hingga satu tahun penjara, hingga tiga tahun masa percobaan.