Mantan Ibu Negara Guatemala ditangkap

Sandra Torres ditangkap atas tuduhan pelanggaran dana kampanye.

Ilustrasi / Pixabay

Mantan ibu negara Guatemala yang juga sempat mencalonkan diri sebagai presiden, Sandra Torres, ditangkap pada Senin (2/8) atas tuduhan pelanggaran dana kampanye. Torres merupakan politikus terkemuka teranyar yang menghadapi tuduhan penyelewengan pada detik-detik penutupan komisi antirasuah PBB (CICIG).

Para penyelidik menggeledah rumah Torres di Guatemala City pada Senin pagi dan membawanya ke pengadilan. Perempuan berusia 63 tahun itu dibawa dalam kondisi tangan diborgol dengan wajah ditutupi selendang, mengenakan jaket berpenutup kepala dan kacamata hitam. 

Kepada wartawan Torres mengatakan bahwa dirinya adalah korban pembalasan dendam politik.

Para jaksa penuntut mengatakan Torres yang berasal dari Partai National Unity of Hope tidak mendaftar pendanaan kampanyenya yang berjumlah sekitar US$3,6 juta. Investigasi menemukan bahwa sejumlah perusahaan mendanai partai tersebut melalui pembayaran komisi, pengalihan dana dan suap ke berbagai lembaga publik dan swasta.

Mario Leal Castillo, yang menjadi calon wakil presiden Torres, juga dicari dalam kasus ini. Oleh pengadilan dia dianggap sebagai buron.