Media dilarang liput langsung konvensi pencalonan Trump

Media akan ditolak masuk ke konvensi pencapresan Donald Trump.

Presiden Donald Trump saat akan memberi pengarahan harian di Gedung Putih Washington Amerika Serikat, Rabu (15/4)/ANTARA FOTO/REUTERS Leah Millis.

Media Amerika Serikat (AS) dilaporkan tidak akan diizinkan untuk secara langsung meliput peresmian pencalonan kembali Donald Trump sebagai calon presiden dari Partai Republik dalam konvensi pada akhir Agustus mendatang.

Merujuk pada isu kesehatan akibat Covid-19, seorang juru bicara konvensi mengatakan kepada Associated Press bahwa personel media akan ditolak masuk. Alasannya, demi memastikan kepatuhan terhadap pedoman kesehatan mengenai jumlah orang yang dapat menghadiri acara.

Digelar setiap empat tahun sekali, konvensi nasional mewakili kesempatan bagi para pejabat partai untuk bersama-sama menyusun strategi menghadapi pilpres dan secara resmi mencalonkan kandidat partai sebagai capres.

Nominasi resmi kandidat biasanya akan diikuti oleh konferensi pers dan siaran langsung pidato capres pilihan. Tahun ini, Partai Republik tampaknya berniat kembali mencalonkan Trump sebagai capres meski popularitasnya ke posisi terendah terkait penanganan Covid-19.

"Mengingat pedoman kesehatan dan pembatasan sosial yang berlaku di Negara Bagian North Carolina, kami berencana untuk menggelar konvensi di Charlotte secara tertutup," kata juru bicara konvensi.