Menebar teror di Eropa melalui jalur pengungsi

Pelaku yang mengklaim berafiliasi dengan ISIS, menyasar negara-negara Eropa karena keterlibatan mereka dalam perang di Irak dan Suriah.

Ilustrasi stop terorisme. (foto: Pixabay)

Teror menghantui kota-kota di Eropa sepanjang 2017. Serangan teror itu menarget tempat populer di Eropa mulai dari Nice, Paris, Berlin, Brussel, London Manchester, hingga Barcelona jadi sasaran aksi teror yang diklaim dilakukan simpatisan Islamic State on Iran and Syria (ISIS).

Kenapa Eropa? Sebagian besar anggota Uni Eropa berpartisipasi dalam koalisi melawan ISIS. Sepanjang 2017, Inggris merupakan negara yang menjadi target serangan teror. Itu disebabkan Inggris terlalu banyak bermain dalam perang melawan ISIS, setelah AS.

Selain Inggris, Prancis yang aktif mengebom basis pertahanan ISIS di Irak dan Suriah juga menjadi target teror. ISIS ingin menghadirkan teror di negara yang juga menebar acnaman di wilayah kekuasaan ISIS di Irak dan Suriah.

"Prancis masih menjadi target ISIS, begitu juga Belgia dan Jerman. Belanda dan Inggris juga menjadi target utama ISIS," demikian laporan Europol dilansir Express.