Mengapa hanya 80 WNI dari Ukraina yang kembali ke Indonesia?

Baru 80 dari 94 WNI yang tinggal di Ukraina dan dievakuasi pemerintah per 28 Februari 2022 sudah tiba di Indonesia.

Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA dari Ukraina telah dievakuasi dan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis (3/3/2022). Dokumentasi Ditjen Imigrasi Kemenkumham

Dari 94 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ukraina dan telah dievakuasi pemerintah per 28 Februari 2022, sebanyak 80 orang di antaranya telah tiba di Indonesia pada Kamis (3/3) petang via Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Di mana lainnya?

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menerangkan, 14 WNI lainnya masih bertahan di Bucharest, Rumania, untuk sementara waktu. Karenanya, tidak ikut dalam rombongan yang pulang ke Tanah Air tersebut.

"Dari tes yang dilakukan, 12 orang evacuee diketahui positif Covid-19, sementara dua orang lainnya memilih tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang positif Covid-19," jelasnya, melansir situs web Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Meskipun demikian, Retno menegaskan, pemerintah terus memantau ke-14 WNI tersebut. Mereka pun didampingi Kedutaan Besar RI (KBRI) di Bucharest.

"Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial," janjinya.