Mengintip perayaan Imlek unik di negara lain

Perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019 nanti tak hanya dirayakan secara meriah oleh orang-orang keturunan tiong hoa.

Pengunjung mencari pernak-pernik Tahun Baru Imlek 2570 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (31/1/2018). Pernak-pernik imlek dijual dari kisaran harga Rp18 ribu hingga Rp1 juta. / Antara Foto

Perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019 nanti tak hanya dirayakan secara meriah oleh orang-orang keturunan tiong hoa di Indonesia. 

Negara-negara lain yang memiliki penduduk keturunan tiong hoa pun merayakan tahun baru Imlek dengan tradisi-tradisi mereka yang unik.

Di Indonesia perayaan Imlek dirayakan warga keturunan tiong hoa dengan berdoa, membagi-bagi angpao, memakan kue keranjang, dan mengunjungi keluarga dan kerabat dekat. Bagaimana dengan tradisi di negara lain?

1. Vietnam

Di Vietnam, tahun baru Imlek dikenal dengan sebutan Tet. Tet merupakan singkatan dari Tet Nguyen Dan yang berarti ‘perayaan untuk pagi pertama di hari pertama’. Tet biasanya jatuh pada hari yang sama dengan tahun baru Imlek.