sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Libur Imlek, 340 ribu kendaraan meninggalkan Jabotabek pada 20-21 Januari 2023

Sebanyak 46,21% dari distribusi lalin kendaraan menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung).

Gempita Surya
Gempita Surya Minggu, 22 Jan 2023 13:56 WIB
 Libur Imlek, 340 ribu kendaraan meninggalkan Jabotabek pada 20-21 Januari 2023

Jasa Marga mencatat sebanyak 340.411 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada 20-21 Januari 2023, atau H-2 hingga H-1 Hari Raya Imlek 2023. Seperti diketahui, perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama. Keempat gerbang tol dimaksud yakni GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,90% jika dibandingkan lalin normal," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam keterangan resmi, Minggu (22/1).

Lisye menuturkan, lalin kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek terdistribusi ke tiga arah, yakni menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung), arah Barat (Merak), dan arah Selatan (Puncak).

Sebanyak 46,21% dari distribusi lalin kendaraan menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung). Tercatat, kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai 73.009 kendaraan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 14,62% dari lalin normal.

Untuk kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, yakni sebanyak 84.304 kendaraan. Angka ini meningkat sebesar 16,42% dari lalin normal.

"Total lalin meninggalkan Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 157.313 kendaraan, meningkat sebesar 15,57% dari lalin normal," papar Lisye.

Kemudian, sebanyak 100.940 kendaraan meninggalkan Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak. Jumlah ini juga mengalami peningkatan dari lalin normal, yakni sebesar 2,66%.

Sponsored

"Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 82.158 kendaraan, meningkat 1,36% dari lalin normal," ujar Lisye.

Ditambahkan Lisye, pihaknya senantiasa mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pengendara maupun kondisi kendaraannya harus dipastikan dalam keadaan prima.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat berada di rest area.

"Pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," tuturnya.

Untuk informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol, pengguna jalan dapat mengakses melalui layanan One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080. Informasi juga dapat diperoleh melalui media sosial twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Berita Lainnya
×
tekid