Menkeu Amerika: Saya jelaskan ke Indonesia, kalau ada Rusia, kami absen!

Indonesia memegang Presidensi G20 tahun ini dan akan menjadi tuan rumah pertemuan keuangan dan pertemuan puncak para pemimpin.

Menteri Ekonomi Amerika Serikat Janet Yellen dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di KTT G20 di Roma, Italia - Instagram @smindrawati

Menteri Keuangan AS Janet Yellen bersikeras bahwa Rusia harus dikeluarkan dari forum Kelompok 20 ekonomi utama. Amerika Serikat pun akan memboikot "sejumlah pertemuan G20" jika pejabat Rusia muncul.

Komentarnya pada sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS pada Rabu (6/4) itu menimbulkan pertanyaan tentang peran masa depan G20 setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sejak 2008, G20 telah menjadi forum internasional utama untuk isu-isu mulai dari bantuan COVID-19 hingga utang lintas batas. Sejumlah anggota yang enggan mengutuk Rusia pun ada di dalamnya seperti  China, India, Arab Saudi, dan negara-negara lain.

Yellen mengatakan kepada anggota parlemen bahwa invasi Rusia ke Ukraina dan pembunuhan warga sipil di Bucha tidak dapat diterima dalam tatanan global berbasis aturan. Itu juga akan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar di Ukraina dan sekitarnya.

Yellen mengatakan bahwa pemerintahan Biden ingin mendorong Rusia keluar dari partisipasi aktif di lembaga-lembaga internasional utama, tetapi mengakui bahwa tidak mungkin Rusia dapat dikeluarkan dari Dana Moneter Internasional mengingat aturannya.