Menlu China: Mereka yang menyinggung China akan dihukum

Setelah berhari-hari berspekulasi tentang rencananya, Pelosi, yang sedang melakukan tur Asia, mendarat di Taiwan dengan pesawat militer.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, Selasa (3/8/2022). Foto twitter.com/SpeakerPelosi

Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah berjanji untuk menghukum semua orang yang menyinggung Beijing. Janji itu muncul di tengah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

“Ini adalah lelucon yang lengkap. Amerika Serikat melanggar kedaulatan China dengan kedok apa yang disebut 'demokrasi'. Mereka yang menyinggung China akan dihukum," kata Wang di sela-sela pertemuan negara se-Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Selasa (2/8).

Setelah berhari-hari berspekulasi tentang rencananya, Pelosi, yang sedang melakukan tur Asia, mendarat di Taiwan dengan sebuah pesawat militer. Tanggapan Beijing sangat cepat. Di mana militer China menyatakan akan "meluncurkan serangkaian tindakan militer yang ditargetkan" dan dalam kondisi "siaga tinggi."

Menyusul kunjungan yang membuat marah Beijing dan memicu persoalan diplomatik, Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan pada Rabu (3/8) waktu setempat, bahwa rombongannya melakukan perjalanan ke Taiwan untuk mempromosikan "perdamaian bagi kawasan".

"Kami datang dalam persahabatan ke Taiwan. Kami datang dalam damai ke kawasan ini," katanya dalam pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen negara pulau itu Tsai Chi-chang.