Menlu RI bahas 3 isu utama dengan sejumlah negara

Di sela-sela Sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, Menlu Retno melakukan sembilan pertemuan bilateral.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, Senin (24/2). / Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi melakukan sembilan pertemuan bilateral di sela-sela Sidang Dewan HAM PBB (High Level Segment of the Human Rights Council). Sidang Dewan HAM PBB dimulai Senin (24/2), di Markas Besar PBB di Jenewa, Swiss.

"Hari ini saya bertemu dengan rekan saya dari Belanda, Swedia, Palestina, Denmark, Ukraina, Arab Saudi, dan Norwegia. Saya juga bertemu dengan Dirjen WHO dan Komisioner Tinggi HAM," ujar Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemlu RI, Selasa (25/2).

Tidak hanya membahas berbagai isu kerja sama bilateral Indonesia dan negara sahabat, pertemuan-pertemuan tersebut juga menyoroti beragam isu di kawasan dan global yang menjadi kepentingan bersama. Setidaknya terdapat tiga isu utama.

Pertama, peningkatan kerja sama ekonomi. Menlu Retno menekankan pentingnya memfokuskan pada kerja sama ekonomi di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia saat ini akibat berbagai isu, termasuknya merebaknya coronavirus jenis baru atau yang bernama resmi Covid-19. 

"Akses pasar bagi produk pertanian dan perkebunan Indonesia khususnya ke negara-negara pasar potensial non-tradisional Indonesia terus dibuka," jelas Menlu Retno.