Menlu RI dorong kerja sama konkret dalam forum ACD

PTM ACD di Doha, Qatar, mengangkat tema "Partners in Progress" dan dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat tinggi dari 34 negara anggota.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-16 Asia Cooperation Dialogue (ACD) di Doha, Qatar, Rabu (1/5). / Kementerian Luar Negeri RI

Dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-16 Asia Cooperation Dialogue (ACD) di Doha, Qatar, Rabu (1/5), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendorong tercapainya kerja sama konkret.

"Kerja sama ACD harus konkret, artinya bisa dirasakan manfaatnya di negara-negara Asia dan sanggung menjawab tantangan zaman," tegas Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id.

PTM yang mengangkat tema "Partners in Progress" itu dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat tinggi dari 34 negara anggota ACD.

Pertemuan tersebut membahas upaya peningkatan kerja sama berbagai isu yang menyangkut kepentingan bersama, termasuk persoalan dalam bidang konektivitas, pendidikan, keamanan pangan, energi dan air, budaya dan pariwisata, serta pembangunan berkelanjutan.

PTM antara lain menyepakati pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang energi untuk mewujudkan ketahanan, aksesibilitas, dan praktik berkelanjutan.