Berkunjung ke Thailand, Menlu Retno bahas perkembangan di Myanmar

Dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Thailand, Menlu Retno membahas perkembangan di Myanmar, termasuk persiapan pertemuan ASEAN.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto dokumentasi Kementerian Luar Negeri RI.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Rabu (24/2) menyatakan bahwa dia baru saja melakukan kunjungan ke Bangkok, Thailand.

Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai, Menlu Retno membahas perkembangan di Myanmar, termasuk persiapan pertemuan ASEAN.

"Thailand memiliki posisi yang khusus karena berbatasan darat sepanjang 2.400 kilometer dengan Myanmar dan sekitar dua juta warga Myanmar tinggal di Thailand," jelas Retno dalam pengarahan pers secara virtual setelah dirinya mendarat di Jakarta, Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan posisi Indonesia yang secara konsisten menyuarakan pentingnya keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar, memulihkan transisi demokrasi yang inklusif, serta menekankan pentingnya penghormatan terhadap Piagam ASEAN.

Lebih lanjut, Retno menuturkan kedua menlu membahas rencana penyelenggaran pertemuan ASEAN untuk membahas situasi politik di Myanmar.