Menlu Rusia: Memang kenapa kalau Zelensky itu yahudi?

Lavrov ditanya bagaimana Presiden Rusia Vladimir Putin dapat mengklaim bahwa dia mencoba untuk mendenazifikasi Ukraina.

Lavrov ditanya bagaimana Presiden Rusia Vladimir Putin dapat mengklaim bahwa dia mencoba untuk "mendenazifikasi" . Foto Timesofisrael

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Minggu mengatakan bahwa fakta bahwa presiden Ukraina adalah orang Yahudi tidak bertentangan dengan klaim Moskow bahwa pihaknya meluncurkan invasi untuk "mendenazifikasi" negara itu. Kata Lavrov, "bahkan Hitler pun memiliki darah Yahudi."

Dalam sebuah wawancara dengan saluran berita Italia Zona Bianca, Lavrov ditanya bagaimana Presiden Rusia Vladimir Putin dapat mengklaim bahwa dia mencoba untuk "mendenazifikasi" Ukraina ketika Volodymyr Zelensky, presiden yang dipilih secara demokratis di negara itu, adalah orang Yahudi.

“Jadi kenapa jika Zelensky adalah orang Yahudi? Fakta tersebut tidak meniadakan unsur Nazi di Ukraina. Saya percaya bahwa Hitler juga memiliki darah Yahudi,” kata Lavrov, menambahkan bahwa “beberapa antisemit terburuk adalah orang Yahudi.”

Kepala museum Holocaust Yad Vashem Israel Dani Dayan mengutuk pernyataan Lavrov yang datang pada minggu yang sama ketika Israel memperingati Holocaust, menyebut kata-katanya "salah, delusi dan berbahaya, dan layak untuk dikutuk."

Yad Vashem dan kelompok lain yang mewakili para penyintas sebelumnya mengecam klaim Rusia bahwa Ukraina perlu "didenazifikasi" sebagai "tidak berdasarkan fakta, itu mendistorsi dan meremehkan Holocaust."