Menlu Singapura diancam "foto cabulnya" akan disebar

Surat-surat tersebut memperingatkan “ancaman” kecuali mereka menghubungi alamat email pengirimnya.

Menlu Singapura Dr Vivian Balakrishnan diancam pemerasan. Foto AFP

Menteri Luar Negeri Singapura Dr Vivian Balakrishnan menerima sepucuk surat berisi gambar dan ancaman palsu yang tidak menyenangkan. Vivian, termasuk di antara beberapa anggota parlemen, yang mendapat kiriman serupa.

Dikutip The Sun, Balakrishnan dan sesama anggota parlemen Holland-Bukit Timah Group Representation Constituency (GRC) Edward Chia, serta anggota parlemen Jurong GRC Tan Wu Meng, Sabtu (20/4), memposting di laman media sosial mereka mengenai masalah tersebut. Mereka telah mengajukan laporan polisi.

“Perilaku ini sangat disayangkan dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai dan praktik baik yang kami coba tanamkan dalam masyarakat kami. Kami telah mengajukan laporan polisi dan akan mengambil tindakan hukum yang sesuai,” kata Balakrishnan seperti disitat Hindustan Times.

Polisi mengatakan pada Jumat malam bahwa surat-surat tersebut dikirim melalui pos ke tempat kerja para korban. Isinya gambar wajah para korban yang ditempelkan pada foto-foto cabul seorang pria dan seorang wanita yang konon dalam “posisi intim dan membahayakan”.

Lebih dari 70 laporan polisi sejak bulan Maret tentang surat pemerasan tersebut, menurut laporan Channel News Asia (CNA) pada Sabtu.