Menlu soal tindak lanjut hasil KTT G20: Ini akan jadi kerja bareng-bareng

Presiden Jokowi telah menunjuk sejumlah penanggung jawab, baik untuk investasi, politik, maupun noninvestasi dan nonpolitik.

Menlu Retno Marsudi. Foto: Humas Setkab/Rahmat

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, pemerintah akan menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara detail. Sebagaimana diketahui, gelaran KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022 merupakan puncak dari rangkaian G20 di bawah Presidensi Indonesia.

Hal tersebut sampaikan Retno dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pelaksanaan KTT G20 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/11).

Gawe besarnya selesai, tetapi kita perlu tindaklanjuti secara detail. Termasuk kerja sama-kerja sama yang sifatnya dalam konteks pemulihan ekonomi global yang inklusif dan dari Indonesia untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan,” kata Retno.

Disampaikan Retno, tindak lanjut dan realisasi dari kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan dalam konferensi global tersebut merupakan mandat dari Presiden Jokowi.

Untuk mengawal tindaklanjut tersebut, imbuh Retno, Presiden Jokowi telah menunjuk sejumlah penanggung jawab, baik untuk investasi, politik, maupun noninvestasi dan nonpolitik, atau kerja sama yang sifatnya lebih luas.