Militer Sudan kudeta Presiden Omar al-Bashir?

Militer Sudan belum mengabarkan apa yang sedang terjadi, namun mereka menegaskan bahwa pengumuman penting akan segera dirilis.

Presiden Sudan Omar al-Bashir. Wikipeda/Public Domain

Tentara Sudan mengatakan akan membuat pernyataan penting pada Kamis (11/4), di tengah meningkatnya kabar militer mengatur kudeta terhadap Presiden Omar al-Bashir yang telah 30 tahun berkuasa.

"Tentara Sudan akan segera mengeluarkan pernyataan penting. Tunggu saja," kata seorang pembawa acara televisi negara, sementara sudah memasuki hari keenam para pemrotes menduduki bagian luar kompleks kementerian pertahanan di Khartoum.

Media pemerintah tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi sumber dan pejabat pemerintah mengatakan bahwa Bashir telah mengundurkan diri. Seorang menteri pemerintah mengatakan kepada TV al-Hadath yang berbasis di Dubai bahwa konsultasi sedang dilakukan untuk membentuk dewan transisi untuk menjalankan negara.

Tentara juga dilaporkan menyerbu markas besar gerakan Islam yang dipimpin oleh Bashir.

Meskipun kurangnya informasi konkret tentang apa yang terjadi, puluhan ribu warga Sudan berbaris di Khartoum dengan gembira, menari dan meneriakkan slogan-slogan anti-Bashir.