Mirisnya nasib gadis Kamboja korban 'perjodohan gelap' di China

Jubir Kemendagri Kamboja mengatakan bahwa atas permintaan pihak berwenang Kamboja, petugas China turun tangan dan membebaskan gadis itu.

Lomba gendong pengantin di Kamboja. Foto Tang Chhin Sothy-AFP

Seorang gadis muda telah diselamatkan dan akan dipulangkan ke Kamboja. Dia ditipu untuk melakukan perjodohan di China kemudian disekap oleh “suaminya” yang asal China. Upaya penyelamatan dan rencana kepulangannya diumumkan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Touch Sokhak.

Remaja tersebut baru-baru ini membagikan video ke media sosial untuk minta bantuan. Dia menjelaskan bahwa dia diperdagangkan ke China oleh seorang broker, dan telah dikurung di sebuah ruangan kecil selama enam bulan. Dia meminta bantuan dari pemerintah Kamboja.

“Saya berumur 16 tahun, berasal dari distrik Kroch Chhmar di provinsi Tbong Khmun. Saya ditipu oleh broker yang membawa saya ke China. Saya diberitahu bahwa saya dibawa ke sini untuk bekerja, namun mereka malah menjual saya dan memaksa saya menikah dengan pria Tionghoa,” katanya.

“Saya telah dikurung selama enam bulan; pintunya dikunci dari luar. Saya hanya bisa memohon bantuan. Tolong, kepada siapapun, bantu saya pulang,” pintanya.

Jubir Kemendagri Kamboja mengatakan bahwa atas permintaan pihak berwenang Kamboja, petugas China turun tangan dan membebaskan gadis itu.