Moskow menarik kesepakatan keamanan pengiriman gandum dari Ukraina

Kementerian Pertahanan Inggris melalui Twitter pada hari Sabtu mengatakan Rusia “menjajakan klaim palsu dalam skala epik.”

Tangkapan layar dari video yang menunjukkan kapal Rusia dari papan kamera yang diduga sebagai drone serangan permukaan. Foto usni

Rusia mengatakan pihaknya menangguhkan partisipasinya dalam kesepakatan yang ditengahi PBB-Turki untuk mengizinkan pengiriman gandum dari Ukraina menyusul dugaan serangan Ukraina terhadap kapal perang Rusia yang beroperasi di dekat Sevastopol, Krimea.

Rusia menangguhkan partisipasinya dalam kesepakatan yang memungkinkan kapal mengambil biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina setelah ledakan di Sevastapol. Ledakan itu menurut Moskow berasal dari drone dan semi-submersible Ukraina, dengan bantuan pasukan Inggris, menurut laporan dari media pemerintah, TASS. Seorang pejabat senior militer mengkonfirmasi ada ledakan di Krimea tetapi tidak akan memberikan penilaian kerusakan atau memberikan informasi tambahan selama briefing Senin.

“Dengan mempertimbangkan tindakan terorisme yang dilakukan oleh rezim Kiev dengan partisipasi spesialis Inggris pada 29 Oktober 2022 terhadap kapal Armada Laut Hitam dan kapal sipil yang digunakan untuk menjaga keamanan koridor gandum, Rusia menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian ekspor produk pertanian dari pelabuhan Ukraina,” menurut kementerian pertahanan Rusia, TASS melaporkan.

Kementerian Pertahanan Inggris melalui Twitter pada hari Sabtu mengatakan Rusia “menjajakan klaim palsu dalam skala epik.”

Meskipun Rusia mengklaim tidak akan berpartisipasi dalam kesepakatan biji-bijian, kapal biji-bijian terlihat berlayar di Laut Hitam.