NATO prediksi perang Rusia-Ukraina bakal bertahun-tahun

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan biaya perang akan tinggi.

NATO prediksi perang Rusia-Ukraina bakal bertahun-tahun. Foto Ist

Barat percaya perang Rusia-Ukraina tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Diperkirakan perang akan berlangsung bertahun-tahun. Situasi ini mau tidak mau harus dihadapi NATO tetap menyuplai bantuan kepada Ukraina dan tidak membiarkan Rusia keluar sebagai pemenang.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan biaya perang akan tinggi, tetapi harga membiarkan Moskow mencapai tujuan militernya bakal lebih besar. Komentar Jens ini muncul ketika Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga memperingatkan perlunya bersiap untuk konflik jangka panjang.

Baik Stoltenberg dan Johnson mengatakan mengirim lebih banyak senjata akan membuat kemenangan bagi Ukraina bisa diraih. "Kita harus bersiap menghadapi kenyataan bahwa itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kita tidak boleh berhenti mendukung Ukraina," kata kepala NATO itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Bild.

"Bahkan jika biayanya tinggi, tidak hanya untuk dukungan militer, juga karena kenaikan harga energi dan pangan."

Kepala aliansi militer Barat mengatakan bahwa memasok Ukraina dengan senjata yang lebih modern akan meningkatkan peluangnya untuk dapat membebaskan wilayah Donbas timur negara itu, yang sebagian besar saat ini berada di bawah kendali Rusia.