Nilai perdagangan Rusia-Indonesia 2019 ditaksir US$3 miliar

Pada 2019, nilai ekspor CPO Indonesia ke Rusia diperkirakan mencapai US$800.000.

Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia Oleg Kopylov dalam pengarahan pers di kediaman Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12). Alinea.id/Valerie Dante

Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia Oleg Kopylov menyebut bahwa pada 2019, Indonesia dan Rusia menikmati hubungan yang sukses dan produktif. Dia memperkirakan nilai perdagangan bilateral tahun ini mencapai US$3 miliar.

"Belum ada angka resmi, tetapi Rusia memperkirakan nilai perdagangan bilateral mendekati US$3 miliar," tutur dia dalam pengarahan media di kediaman Duta Besar Rusia untuk Indonesia di Jakarta, pada Rabu (18/12).

Oleg menyebut pihaknya belum puas dengan taksiran nilai perdagangan tersebut. Menurut dia, Indonesia dan Rusia masih bisa melakukan lebih banyak lagi untuk meningkatkan hubungan bilateral dan meraih potensi maksimal.

"Kedua negara memiliki potensi lebih besar terkait perdagangan bilateral dan kami terus berupaya untuk mencapainya," lanjut dia.

Oleg menjelaskan bahwa pada 2019, Rusia bahkan meningkatkan impor minyak kelapa sawit (CPO) Indonesia. Dia menyebut, nilai ekspor CPO Indonesia ke Negeri Beruang Merah diperkirakan mencapai US$800.000 pada tahun ini.