Pakar sebut kehidupan AS baru akan normal akhir 2021

Negeri Paman Sam mencatat lebih dari 6,3 juta kasus infeksi Covid-19, dengan hampir 200.000 fatalitas di antaranya.

Petugas medis di Pusat Layanan Kesehatan Maimonides di tengah pandemik Covid-19 di kawasan Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Selasa (14/4/2020). Foto Antara/Reuters/Caitlin Ochs

Pakar kesehatan masyarakat paling senior dari gugus tugas Covid-19 Gedung Putih Anthony Fauci, pada Jumat (11/9) mengatakan, kemungkinan membutuhkan waktu satu tahun lagi sebelum kehidupan kembali normal di Amerika Serikat.

"Jika Anda berbicara tentang kehidupan kembali ke tingkat normalitas yang menyerupai keadaan sebelum Covid-19, itu akan terjadi pada 2021. Mungkin bahkan menjelang akhir 2021," ujar dia dalam sebuah wawancara dengan MSNBC.

Berbanding terbalik dengan klaim Donald Trump yang menyatakan bahwa kondisi pandemik di AS membaik, Fauci pada Jumat menegaskan bahwa kenyataannya masih sangat suram.

Dalam wawancara tersebut, Fauci dimintai pendapatnya tentang komentar Trump yang mengklaim bahwa Covid-19 sebentar lagi hampir pasti akan berakhir di Negeri Paman Sam.

"Maaf, tapi saya tidak setuju dengan pernyataan itu karena jika Anda melihat data terbaru, dapat terlihat bahwa kondisinya sangat mengganggu," ujar Fauci. "AS menyentuh sekitar 40.000 kasus baru per hari dan fatalitas mencapai sekitar 1.000," tambah dia.