Pakar vaksin AS perkirakan kehidupan kembali normal pada Mei 2021

Jika distribusi vaksin dan rencana imunisasi berjalan dengan baik, cukup banyak warga AS yang akan divaksinasi hingga Mei 2021.

Situasi di sekitar Times Square, New York, Amerika Serikat, pada Kamis (23/4/2020) di tengah penyebaran pandemik Covid-19. Foto Antara/Reuters/Eduardo Munoz

Penasihat program vaksin dari pemerintahan Donald Trump memperkirakan, kehidupan di Amerika Serikat akan kembali normal sekitar Mei 2021 saat vaksinasi dimulai.

Pernyataan yang optimistis itu datang, bahkan ketika jutaan warga AS diperkirakan melakukan perjalanan pada masa liburan Thanksgiving yang akan datang pekan ini. Banyak dari mereka dilaporkan mengabaikan peringatan dari pejabat kesehatan tentang pencegahan penularan virus.

Moncef Slaoui, kepala penasihat ilmiah program pengembangan dan distribusi vaksin Operation Warp Speed ​​milik pemerintah, mengatakan masih menunggu persetujuan peraturan untuk vaksin pertama, yang berarti gelombang pertama warga AS dapat divaksinasi dimulai pada pertengahan Desember.

Lebih lanjut, Slaoui menuturkan jika distribusi vaksin dan rencana imunisasi berjalan dengan baik, cukup banyak warga AS yang akan divaksinasi hingga Mei 2021 untuk memungkinkan kehidupan kembali normal.

Permintaan persetujuan vaksin pertama kepada pemerintah AS dibuat pada pekan lalu oleh tim farmasi Pfizer dan mitranya, BioNTech.