Partai berhaluan kanan tengah kembali berkuasa di Yunani

PM Tsipras telah mengakui kekalahannya atas Kyriakos Mitsotakis. Dia juga sudah mengucapkan selamat kepada rivalnya tersebut.

Pemimpin Partai Demokrasi Baru Kyriakos Mitsotakis, Minggu (7/7). REUTERS/Costas Baltas

Oposisi berhaluan kanan-tengah Yunani, Demokrat Baru, memenangkan pemilihan umum tingkat nasional yang diadakan pada Minggu (7/7), lebih awal dari jadwal yang diharapkan. Dengan sebagian besar distrik telah dihitung, Perdana Menteri Alexis Tsipras mengakui kekalahannya atas rivalnya, Kyriakos Mitsotakis.

Mitsotakis merupakan putra mantan Perdana Menteri Konstantinos Mitsotakis. Adiknya, Dora Bakoyannis, adalah Wali kota Athena ketika kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2004, sebelum menjadi menteri luar negeri Yunani.

Demokrasi Baru meraih 39% suara sejauh ini, sementara partai berhaluan kiri Tsipras, Syriza, menduduk posisi kedua dengan perolehan 31,6%. 

Perdana Menteri terpilih mengatakan kepada pendukungnya bahwa dia telah diberi mandat yang kuat untuk melakukan perubahan.

"Negara ini dengan bangga mengangkat kepalanya kembali," kata Mitsotakis di hadapan para pendukungnya di Athena seraya menekankan bahwa dia akan menjadi pemimpin bagi semua kalangan.