sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Partai berhaluan kanan tengah kembali berkuasa di Yunani

PM Tsipras telah mengakui kekalahannya atas Kyriakos Mitsotakis. Dia juga sudah mengucapkan selamat kepada rivalnya tersebut.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 08 Jul 2019 09:55 WIB
Partai berhaluan kanan tengah kembali berkuasa di Yunani

Oposisi berhaluan kanan-tengah Yunani, Demokrat Baru, memenangkan pemilihan umum tingkat nasional yang diadakan pada Minggu (7/7), lebih awal dari jadwal yang diharapkan. Dengan sebagian besar distrik telah dihitung, Perdana Menteri Alexis Tsipras mengakui kekalahannya atas rivalnya, Kyriakos Mitsotakis.

Mitsotakis merupakan putra mantan Perdana Menteri Konstantinos Mitsotakis. Adiknya, Dora Bakoyannis, adalah Wali kota Athena ketika kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2004, sebelum menjadi menteri luar negeri Yunani.

Demokrasi Baru meraih 39% suara sejauh ini, sementara partai berhaluan kiri Tsipras, Syriza, menduduk posisi kedua dengan perolehan 31,6%. 

Perdana Menteri terpilih mengatakan kepada pendukungnya bahwa dia telah diberi mandat yang kuat untuk melakukan perubahan.

"Negara ini dengan bangga mengangkat kepalanya kembali," kata Mitsotakis di hadapan para pendukungnya di Athena seraya menekankan bahwa dia akan menjadi pemimpin bagi semua kalangan.

Tsipras sendiri mengonfirmasi bahwa dia telah menelepon Mitsotakis untuk mengucapkan selamat.

"Hari ini, dengan kepala tegak, kami menerima vonis rakyat. Untuk membawa Yunani ke posisi sekarang, kami harus mengambil keputusan yang sulit dengan biaya politik yang besar," tutur Tsipras.

Tingkat partisipasi dalam pemilu kali ini adalah sekitar 57%, salah satu angka terendah dalam beberapa dekade.

Sponsored

Tsipras, yang meraih kekuasaan pada 2015, menyerukan pemilu setelah mengalami kekalahan dalam pemilu lokal dan Eropa pada Mei.

Pada 2015, dia menggulingkan Demokrasi Baru dari kekuasaan lewat kampanye melawan kebijakan penghematan yang telah memengaruhi rakyat Yunani selama bertahun-tahun.

Tidak lama setelah terpilih, Tsipras menghadapi pemberontakan dari dalam partainya sendiri yang diresponsnya dengan mengadakan pemilu. Namun, saat itu dia kembali menang.

Meski demikian, popularitas partainya sangat anjlok menyusul meningkatnya pengangguran dan menyusutnya perekonomian.

Dalam beberapa bulan terakhir, dia terpaksa menerima kondisi sulit sebagai imbas atas bailout ketigas Yunani. 

Mitsotakis menyerang Tsipras dengan mengatakan bahwa perbaikan ekonomi terlalu lambat. Dia juga mengambil keuntungan dari kemarahan rakyat yang meluas atas kesepakatan penting pemerintahan Tsipras dengan Makedonia Utara terkait nama.

Yunani menilai bahwa dengan menyandang nama Makedonia (sebelum berganti nama menjadi Makedonia Utara), negara tetangganya yang kecil dan terkurung daratan itu menyiratkan klaim atas provinsi dengan nama yang sama persis di Yunani utara, dan juga tentang warisan budaya Yunani kuno. 

Demokrasi Baru telah berjanji untuk menurunkan pajak dan privatisasi layanan publik di negara itu, yang masih merasakan dampak dari krisis keuangan 2008.

Yunani telah mendapat serangkaian program bailout selama dekade terakhir. Athena berhasil keluar dari program bailout pada Agustus 2018.

Sumber : BBC