Militer China kirim pasukan baru ke Hong Kong

Spekulasi muncul, militer China memperluas kekuatannya di Hong Kong

Polisi antihuru-hara bentrok dengan pengunjuk rasa saat protes di Hong Kong, Sabtu (24/8). ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Militer China mulai mengirim sekelompok pasukan baru ke Hong Kong pada Kamis (29/8). Langkah itu digambarkan sebagai rotasi tahunan garnisunnya di kota tersebut.

"Rotasi ini adalah tindakan rutin tahunan yang disetujui oleh Komisi Militer Pusat," tutur Letnan Kolonel Han You, juru bicara garnisun Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Hong Kong.

Kantor berita China, Xinhua, merilis foto-foto yang memperlihatkan sejumlah truk membawa pasukan dan sebuah kapal yang memasuki kota pada dini hari waktu setempat.

Sejauh ini, umumnya militer China memiliki sekitar 6.000 hingga 10.000 tentara di Hong Kong. Pasukan telah ditempatkan di kota itu sejak Inggris mengembalikan Hong Kong ke China pada 1997.

Setelah rotasi pasukan pada tahun lalu, militer mengumumkan bahwa jumlah pasukan dan peralatan mereka sama dengan tahun sebelumnya. Namun, Han tidak mengumumkan hal itu pada Kamis, memicu spekulasi bahwa militer China memperluas kekuatannya di Hong Kong.