Pasukan Demokratik Suriah klaim kemenangan total atas ISIS

SDF mengumumkan kemenangan mereka atas ISIS lewat Twitter pada Sabtu (23/3).

Ilustrasi / Pixabay

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat mengumumkan kemenangan total atas ISIS. Pengumuman tersebut sekaligus mengakhiri pertempuran empat tahun melawan kelompok teroris yang pernah menguasai wilayah yang mencakup sepertiga Suriah dan Irak.

Seorang petinggi SDF mengumumkan kekalahan ISIS lewat Twitter pada Sabtu (23/3).

"Pasukan Demokratik Suriah mengumumkan penghapusan total apa yang disebut wilayah kekhalifahan dan 100% mengalahkan ISIS. Pada hari bersejarah ini, kami juga mengenang ribuan martir yang perjuangannya memungkinkan kemenangan terwujud," twit Mustafa Bali.

Syrian Democratic Forces declare total elimination of so-called caliphate and 0 territorial defeat of ISIS. On this unique day, we commemorate thousands of martyrs whose efforts made the victory possible. #SDFDefeatedISIS — Mustafa Bali (@mustefabali) 23 March 2019

Pada Jumat (22/3), Bali yang merupakan kepala kantor media SDF menuturkan bahwa pertempuran sengit berlanjut di sekitar Baghouz untuk menghabisi sisa-sisa ISIS. Dan pada hari yang sama, juru bicara Gedung Putih juga mengatakan bahwa ISIS tidak lagi menguasai wilayah di Suriah.