Pasukan India dan China kembali bentrok di Himalaya, satu tewas

Seorang pasukan khusus India tewas dalam bentrok dengan China.

rudal darat ke udara buatan Rusia, S-400./rferl.org.

Seorang pasukan khusus India tewas dalam bentrokan di perbatasan Himalaya yang diperebutkan dengan pasukan China. Dua bulan sebelumnya, sedikitnya 20 tentara India tewas akibat bentrokan serupa.

India dan China, yang terlibat dalam perang perbatasan pada 1962, saling menuduh satu sama lain berusaha melintasi perbatasan secara ilegal di wilayah Ladakh pada Sabtu (29/8) dan Senin (31/8).

Tewasnya pasukan India tersebut disampaikan Namgyal Dolkar Lhagyari, seorang anggota parlemen di pengasingan, Selasa (1/9). Dia mengatakan kepada AFP bahwa seorang tentara India asal Tibet tewas dalam bentrokan itu.

Dia menambahkan, anggota Pasukan Perbatasan Khusus (SFF) lainnya termasuk banyak etnis Tibet yang menentang klaim China atas wilayah asalnya, terluka dalam insiden tersebut.

Baik India maupun China telah mengirim puluhan ribu pasukan ke wilayah perbatasan tersebut sejak bentrokan berdarah pada 15 Juni. Pada saat itu, India menyatakan bahwa 20 tentaranya tewas, sedangkan China mengakui adanya korban tewas tetapi tidak memberikan angka resmi.