Pasukan Rusia di timur laut Kharkiv mundur setelah serangan balasan Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang gembira, mengolok-olok Rusia dalam pidato video Sabtu (10/9) malam.

Prajurit Ukraina naik di atas kendaraan lapis baja di jalan di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Minggu, 28 Agustus 2022.Foto AP/Leo Correa/dokumentasi.

Pasukan Ukraina pada Minggu (11/9), melakukan serangan balasannya di timur negara itu, mengeksploitasi keuntungan cepat yang mereka buat dalam pertempuran yang telah mengubah arah konflik dengan tajam.

Tindakan cepat Ukraina untuk merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia di wilayah timur laut Kharkiv, memaksa Moskow menarik pasukannya untuk mencegah mereka dikepung, dan meninggalkan sejumlah besar senjata dan amunisi dalam penarikan tergesa-gesa saat perang menandai 200 hari pada Minggu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang gembira, mengolok-olok Rusia dalam pidato video Sabtu (10/9) malam. "Tentara Rusia pada hari-hari ini menunjukkan yang terbaik yang bisa mereka lakukan - menunjukkan punggungnya," kata dia

Pada Minggu, ia memposting video tentara Ukraina mengibarkan bendera nasional di atas Chkalovske, kota lain yang mereka rebut dari Rusia dalam serangan balasan.

Panglima militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyy, mengatakan pada Minggu bahwa Ukraina telah membebaskan sekitar 3.000 kilometer persegi (sekitar 1.160 mil persegi) sejak awal September. Dia mencatat, bahwa pasukan Ukraina sekarang hanya berjarak 50 kilometer (sekitar 30 mil) dari perbatasan dengan Rusia.