Pasukan Rusia menguasai Chernobyl, ancaman nuklir merebak di Eropa?

Penembakan misil Rusia menghantam gudang limbah radioaktif di Chernobyl, dan peningkatan tingkat radiasi dilaporkan.

Mural memperingati 25 tahun kejadian ledakan di Chernobyl. Foto CNN

Pasukan Rusia telah merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina utara, di mana radiasi masih bocor 36 tahun setelah bencana di lokasi tersebut.

Tentara mengambil alih lokasi, dekat kota Pripyat dan 90 kilometer dari Kiev, setelah pertempuran sengit dengan penjaga nasional Ukraina melindungi pabrik yang dinonaktifkan. 

Sementara penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan kepada The Associated Press bahwa pihaknya tidak mengetahui tentang kondisi fasilitas pabrik, tempat penampungan dan gudang limbah nuklir saat ini.

Seorang pejabat yang mengetahui penilaian saat ini mengatakan penembakan misil Rusia menghantam gudang limbah radioaktif di Chernobyl, dan peningkatan tingkat radiasi dilaporkan. Peningkatan tersebut tidak serta merta dapat dikukuhkan.

Seorang pejabat senior intelijen Amerika mengatakan AS yakin pasukan Rusia di Chernobyl bertujuan untuk mendorong ke Kiev untuk mencoba menghubungkan dengan pasukan Rusia lainnya di seluruh Ukraina. Para pejabat tidak berwenang untuk disebutkan namanya secara terbuka membahas masalah sensitif.